6 Rahasia kesuksesan bisnis di balik Brand Fashion dunia “Zara”

Kesuksesan Brand Fashion Zara

Siapa sih yang gak tau brand fashion yang terkenal ini. Zara Espaa, S.A atau yang lebih dikenal dengan Zara merupakan sebuah brand fashion pakaian retail dan aksesoris yang mendunia. Kesuksesan Zara hingga bisa dikenal dunia, dengan ekpansi yang mengglobal tentu didukung dengan berbagai Upaya yang tidak mudah. Nah buat kamu yang juga ingin bangun bisnis fashion dan bisa mendunia seperti Zara ini dia beberapa tips dan strategi Zara yang bisa menginspirasi bisnis Fashion mu!

 

Brand Fashion Zara1. Model Bisnis yang Responsif terhadap Tren

Salah satu kunci kesuksesan Zara adalah model bisnisnya yang responsif terhadap tren. Mereka menggunakan konsep “fast fashion”, yaitu merespons tren mode dengan cepat dan efisien. Zara memiliki siklus produksi yang singkat, jadi sangat memungkinkan mereka untuk merilis koleksi baru dengan cepat, degan setiap 2 minggunya pasti memiliki desain baru disetiap tokonya. Hal ini juga disebabkan karena permintaan konsumen saat ini lebih menyukai sesuatu hal yang bersifat cepat.

 

2. Vertical Integration

Vertikal Integration merupakan upaya untuk memperluas bisnis dengan masuk tahap lain dalam rantai pasokan saat ini di bawah kepemilikan atau kendali sebuah perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan masuk ke bisnis hilir atau bisnis hulu. Zara memiliki kendali yang kuat atas rantai pasokan mereka. Mereka memiliki fasilitas manufaktur sendiri dan memproduksi sebagian besar barang mereka di dalam perusahaan. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengontrol proses produksi dan menyesuaikan koleksi mereka dengan cepat.

3. Teknologi dan Sistem Distribusi

Zara menggunakan teknologi canggih dalam manajemen inventaris dan sistem distribusi. Mereka memiliki sistem yang memungkinkan mereka untuk melacak tren penjualan di toko secara real-time, sehingga mereka dapat menyesuaikan produksi dan pengiriman barang ke toko-toko dengan cepat.

 

4. Inovasi dalam Desain dan Pemasaran

Zara dikenal karena inovasi dalam desain. Mereka menggabungkan desain yang trendy dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Zara tidak menghabiskan banyak uang untuk iklan, tetapi lebih fokus pada pengalaman belanja yang menyenangkan dan memanjakan pelanggan di toko fisik mereka.

 

5. Ekspansi Global

Zara telah melakukan ekspansi global yang besar. Mereka memiliki toko di banyak negara di seluruh dunia dan terus meluas. Strategi ekspansi ini membantu mereka mengakses pasar yang beragam dan mendapatkan basis pelanggan yang besar. Sehingga gak heran kesuksesan brand fashion Zara ini cukup cepat meroket.

 

6. Selalu memperhatikan Feedback Konsumen

Zara terus menerus mendengarkan pelanggan dan merespons kebutuhan serta preferensi konsumenmya. Hal ini memungkinkan Zara untuk tetap relevan dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan tren dan keinginan konsumen.

Keberhasilan Zara dalam industri fashion menyadarkan kita akan  pentingnya adaptasi terhadap perubahan tren, pengelolaan rantai pasokan yang efisien, dan fokus pada kepuasan pelanggan.

Ingin kuasai keahlian bisnis digital, branding, marketing dan promosi digital yang persuasif? Kuasai keahliannya bersama Master Business Academy Kampus Bisnis di Bali.

Temukan informasi bisnis lainnya di Instagram master.ac.id

Baca juga artikel : Lulus Kampus Bisnis Jadi Apa?