Tips Agar Pilihan Kuliahmu di Dukung Orang Tua

Mengambil keputusan tentang jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah, terutama ketika kita mempertimbangkan dukungan dan harapan orang tua. Namun, dengan komunikasi yang baik dan pemahaman yang mendalam, kita bisa menciptakan landasan yang kuat untuk mendapatkan dukungan orang tua dalam pilihan kuliah kita. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam perjalanan ini :

 1. Kenali Minat dan Potensimu

Sebelum berbicara dengan orang tua, kenali minat dan potensimu terlebih dahulu. Pahami apa yang membuatmu bersemangat dan di mana keahlianmu terletak. Dengan pemahaman yang kuat tentang dirimu sendiri, kamu bisa menjelaskan pilihan kuliahmu dengan lebih yakin.

2. Lakukan Riset Mendalam

Segera setelah kamu memiliki beberapa pilihan jurusan yang menarik perhatianmu, lakukan riset mendalam. Temukan informasi tentang prospek karir, peluang pekerjaan, dan tren industri terkait dengan jurusan yang kamu pertimbangkan. Bagikan temuan ini dengan orang tua sebagai dasar argumentasimu.

3. Bahas Potensi Karir dan Pengembangan Pribadi

Saat berbicara dengan orang tua, fokuslah pada potensi karir dan pengembangan pribadi yang dapat kamu peroleh melalui jurusan tersebut. Jelaskan bagaimana pilihanmu akan membantu membentuk masa depanmu dan memberikan kontribusi positif pada perkembangan pribadi dan profesionalmu.

4. Relevansikan dengan Kebutuhan Pasar Kerja

Pertimbangkan kebutuhan pasar kerja saat ini dan di masa depan. Jelaskan kepada orang tua bagaimana jurusan yang kamu pilih memiliki relevansi dengan tren pekerjaan dan bagaimana hal ini dapat meningkatkan peluangmu di pasar kerja nantinya.

5. Bicarakan Rencana Jangka Panjang

Sampaikan rencana jangka panjangmu. Berbicaralah tentang langkah-langkah konkret yang akan kamu ambil setelah lulus, apakah itu melanjutkan studi, magang, atau langsung terjun ke dunia kerja. Memberikan gambaran jelas tentang rencana masa depanmu dapat membantu mengurangi kekhawatiran orang tua.

6. Buka Jalur Komunikasi

Penting untuk membuka jalur komunikasi yang baik dengan orang tua. Dengarkan kekhawatiran dan pertanyaan mereka dengan penuh perhatian, dan berikan jawaban yang rasional. Berbicaralah secara terbuka tentang harapanmu, dan dorong mereka untuk berbicara tentang harapan dan keprihatinan mereka.

7. Sampaikan Manfaat Jangka Panjang

Jelaskan manfaat jangka panjang dari pilihan kuliahmu. Sampaikan bagaimana investasi dalam pendidikan tersebut akan membuka pintu untuk kesempatan yang lebih besar dan memberikan dasar yang kokoh untuk kesuksesan di masa depan.

8. Libatkan Pihak Ketiga atau Ahli

Jika perlu, libatkan pihak ketiga atau ahli dalam pembicaraan. Kadang-kadang, pendapat dari orang yang memiliki pengalaman atau pengetahuan lebih dapat memberikan perspektif tambahan yang dapat mempengaruhi pandangan orang tua. Nah kalau kamu kuliah di Master Business Academy (MBA) kamu bisa ajak orang tua kamu ke MBA untuk Parent Coaching yang membantu memberikan pemahaman kepada orang tua kamu mengenai keinginan jurusan kuliah yang kamu inginkan untuk masa depanmu.

Mendapatkan dukungan orang tua dalam pilihan kuliahmu adalah langkah penting menuju keberhasilan akademis dan profesional. Dengan persiapan yang matang, komunikasi yang efektif, dan pembahasan yang rasional, kamu dapat membangun kepercayaan dan meraih dukungan penuh dari orang tua dalam mengejar impian pendidikanmu.

Temukan mengenai informasi kuliah lebih banyak di instagram @master.ac.id
Baca juga : Ini Alasan dan Solusi untuk Anak Muda yang Bingung Pilih Jurusan Kuliah